Cara baru berbelanja dengan Smartphone dan QR code

Teknologi QR Code umumnya digunakan sebagai link ke sebuah website dan biasa digunakan sebagai alat promosi suatu produk atau perusahaan. Namun perkembangan teknologi ini merambah kemana-mana, seperti di gunakan sebagai pendeteksi barang yang hilang, bahkan binatang peliharaan kesayangan pun dapat di identifikasi. Begitu pun dengan belanja, ada satu toko di negara maju yang tidak menampilkan barang yang di jual secara langsung, akan tetapi menggunakan pajangan neon box berisi gambar yang disertai dengan qr code.
      Jadi para calon pembeli berkeliling seperti berbelanja di supermarket mencari apa yang mereka butuhkan, bedanya mereka tidak membawa trolley ataupun keranjang belanja. Layanan berbelanja ini memanfaatkan teknologi QR Barcode untuk berbelanja. Untuk menggunakannya, anda harus menggunakan smartphone seperti Blackberry, iPhone, dan gadget lain dengan OS android. Caranya pelanggan cukup menggunakan fitur scan barcode pada smartphone mereka untuk memindai (scan) barang yang mereka butuhkan. Untuk selanjutnya proses memindai barang tersebut di teruskan atau terhubung kepada kasir. Kemudian bayar dan anda dapat membawa pulang belanjaan anda.
      Ada lagi penerapan qr code pada metode diskon belanja, dimana para pelanggan cukup memindai QR code produk yang di beri potongan harga, bila berhasil di pindai, selanjutnya anda akan terhubung dengan website dr si pemberi diskon. Yang kemudian meminta data pribadi anda untuk didaftarkan sebagai anggota. Bila sudah terdaftar maka anda akan menerima berbagai informasi tentang diskon belanja melalui hanphone anda. Termasuk berapa lama promo atau diskon itu berlangsung dengan klik salah satu produk yang sedang ditawarkan. Dengan cara ini efisiensi waktu akan semakin mudah di dapat.
      Teknologi berkembang dengan pesatnya yang di iringi dengan kemudahan dalam hal apapun termasuk belanja atau pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Namun yang tidak kalah penting dari ini semua adalah kedisiplinan diri dalam menggunakan anggaran belanja bulanan. Karena bila tidak dapat mengendalikan diri kemudahan-kemudahan yang di tawarkan dapat menjadi bumerang bagi diri sendiri. Selamat mencoba cara baru berbelanja dengan Smartphone dan QR code. 
*dari berbagai sumber

1 komentar: