7 Tips memotret produk dengan baik

Gambar atau foto produk yang kelihatan tidak rapi dan terlihat remang remang sangatlah tidak menjual dan terlihat tidak profesional. Yang di khawatirkan adalah calon konsumen menjadi tidak yakin dengan gambar yang anda tampilkan di dalam website ataupun fanspage.
Berikut beberapa tips yang biasa saya gunakan pada saat memotret produk :

1.  Gunakan kamera dengan pixel yg cukup besar agar didapat gambar/hasil yang baik, bila tidak ada kamera DSLR, kamera pada smartphone sudah cukup baik untuk merekam/memotret.
                     
2. Jarak pemotretan, usahakan memotret dengan jarak yg sedang, tidak terlalu jauh ataupun terlalu dekat.  Tapi tidak melupakan detil dari produk yang di foto.

3. Pencahayaan, faktor utama pada saat memotret adalah pencahayaan, karena memotret adalah melukis dengan cahaya. Usahakan untuk mendapatkan pencahayaan yg baik, bila tidak ada lampu flash. Sebaiknya memotret di luar ruangan, agar mendapatkan cahaya (matahari) yang cukup.
bila mengandalkan cahaya matahari, perhatikan arah datang nya sinar dan jatuhnya bayangan. Usahakan untuk meminimalkan/menghilangkan bayangan.


4.  Gunakan reflektor untuk mengurangi bayangan (agar tidak terlalu gelap), agar detil produk tetap nampak.
     Reflektor berfungsi memantulkan cahaya, yang berasal dari sumber cahaya utama. No.1 adalah foto yang tidak menggunakan reflektor, no.2 proses penggunaan reflektor, No.3 hasil yang menggunakan reflektor.
 

5.  Tripod, gunakan tripod agar didapatkan gambar yg stabil (tidak goyang) dan jelas. Selain menggunakan tripod, anda dapat menggunakan benda yang stabil (kokoh), seperti tembok, meja ataupun kursi.

6.  Perhatikan kebersihan dari produk yg akan di foto, bila memotret produk pakaian sebaiknya menggunakan model, agar bentuk dari pakaian benar2 terlihat. Bisa juga menggunakan manekin (boneka).


7. Latar belakang, gunakan latar belakang yang polos (putih, hijau, atau warna yang lain), agar foto produk anda terlihat menonjol dari latar sekitarnya.Sehingga mata konsumen tertuju langsung pada produk. Bila produk yang anda jual kecil, seperti sepatu, anda dapat memanfaatkan kertas yang di bentangkan sehingga didapatkan area putih yg cukup besar. Usahakan dalam 1 frame foto anda di dapat area putih dominan dengan produk anda berada di tengahnya.


Bila ada beberapa bagian gambar yang harus di edit, anda dapat menggunakan tool Adobe Photoshop.
beberapa gambar didapat dari pencarian di google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar