Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit

Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit

Dengan adanya kartu kredit tak bisa dipungkiri banyak memberikan kemudahan dalam bertransaksi . Kita tak perlu lagi membawa banyak uang tunai dalam jumlah yang banyak kemana-mana saat berbelanja, atau melakukan aktifitas lain yang memerlukan transaksi pembayaran. Kendati demikian kita harus berhati-hati bagaimanapun kartu kredit adalah pengganti uang tunai kita.

Berikut Tips aman menggunakan kartu kredit :

* Kartu kredit jangan pernah dipindah tangankan, termasuk kepada keluarga atau orang terdekat sekalipun walaupun anda begitu sayangnya sama pacar sekalipun , jangan juga anda ditanggalkan tanpa pengawasan anda. Lebih baik jika anda ingin men-share kartu kredit anda, gunakan saja fasilitas aplikasi kartu tambahan.



* Jangan pernah memberikan 3 angka di belakang kartu anda, bila anda apply kartu kredit tutup aja 3 angka di belakang kartu kredit anda.
* Apa bila anda melakukan transaksi di merchant pastikan kartu masih dalam pengawasan anda, dan juga pastikan tidak tertinggal di merchant.
* Tanda tangani sales draf sesuai dengan jumlah transaksi anda, cek lagi apakah sesuai nilai di struk belanja anda dengan yang dimesin EDC.
* Apa bila bertransaksi di dunia maya ( online ) pastikan di web site aman, biasanya bisa kita lihat url akan berubah menjadi https : …….hindari web kurang terkenal….
* Apabila anda mendapatkan tawaran dari merchant lewat telpon, surat, email, pastikan anda mengetahui pruduk dan jasa yang ditawarkan .
* Apabila kartu kredit anda hilang segera telpon ke call center penerbit kartu untuk melakukan pemblokiran kartu kredit anda. Hal ini untuk menghindari transaksi yang tidak anda lakukan, Selama anda tidak melapor maka transaksi yang muncul menjadi tanggung jawab anda.
* Apabila kartu kredit anda hilang di luar negeri , segera hubungi perwakilan visa international atau mastercard yang ada dinegara tersebut.
* Apabila terdapat tagihan yang tidak sesuai segera laporkan ke call center penerbit kartu selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal cetak lembar tagihan.
* Bayarlah tagihan kartu kredit anda sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari terkena bunga dan denda, dan anda pun tetap memiliki catatan record yang baik di SID Bank Indonesia.

sumber : http://applykartukredit.co.cc

1 komentar:

  1. Nice post... tambahan tips Nilai Pagu dipecah kedalam beberapa kartu, dan selalu minta dikontak apabila ada transaksi yang mencurigakan terutama traksaksi internet.. Peace

    BalasHapus